Selamat Datang Kawan

Jumat, 12 Februari 2010

Penyebab Terlambat Datang Bulan

Telat menstruasi belum tentu hamil.

Remaja putri pelaku sex pranikah pasti bingung bin kelabakan kalo udah telat menstruasi, masalahnya selama ini telat menstruasi selalu identik dengan kehamilan, padahal belum tentu lho, apalagi kalo gak berhubungan sex sama sekali, masak gak ngapa-ngapain tiba-tiba hamil?

Telat menstruasi atau bahasa kerennya amenorrhea sering terjadi pada banyak wanita, terutama pada remaja putri dan wanita yang hampir mendekati masa-masa monopouse. Memang pada masa kehamilan tidak terjadi menstruasi, hal inilah yang menjadikan banyak orang yang menganggap bahwa telat menstruasi selalu dikarenakan hamil. Tapi sebenarnya apa aja sih yang menyebabkan menstruasi telat?

* Stress. Stres bisa menyebabkan telatnya datang bulan, hal ini disebabkan karena stres sangat mempengaruhi kondisi hormonal tubuh, lha yang namanya siklus menstruasi ini kan sangat erat hubungannya dengan hormon.
* Obat-obatan. Berbagai obat seperti antidepresan ( citalopram, fluvoxamine, fluoxetine dll), kortikosteroid ( dexametason, betamethasone), antipsikotik dan obat konstrasepsi oral cukup bisa menghambat datangnya si tamu bulanan.
* Malnutrisi. Kondisi kurang gizi yang berat juga bisa bikin telatnya menstruasi, hal ini karena pengaruhnya terhadap stabilitas hormon.
* Instabilitas hormon. Pada wanita yang mendekati masa monopuse dan remaja putri pada masa pubertas terjadi perubahan hormonal yang dinamis, hal ini menyebabkan siklus menstruasi juga gak stabil.
* Hamil. Halah, semua juga udah pada tau jack..

Makanya kalo ada orang telat menstruasi jangan keburu divonis hamil yaah…


Sumber : kaskuser

107 komentar:

  1. kalo telat 1 minggu dari siklus normal itu kenapa??
    padahal saya udah coba pake tes peck,,tapi hasilnya negatif,,
    tolong jelaskan ya mba'..

    BalasHapus
  2. kasih keterangan yang jelas bgt ya mba'

    BalasHapus
  3. mb fey : maaf banget telat responya, ya itu tadi sudah dijelaskan di atas itu bukan sll krn hamil, bisa pengaruh stres, obat2an dsb yang bisa mempengaruhi hormon kewanitaan kita, kalo secara ilmiahnya maaf saya tdk bisa memberikan penjelasan secara rinci krn bukan bidang saya hehe

    BalasHapus
  4. berenang dengan cowok n jika cowo itu mengeluarkn sperma dlm kolam tapi tidk saat berhub,apa bs menyebabkan hamil???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 0.0000000000001% bisa.
      Soalnya menuju ke dlm rahim itu sulitnya minta ampun..... ;)

      Hapus
  5. mb fey : ada kemungkinan juga untuk itu tapi sangat kecil krn sperma tidak bisa bertahan hidup lbh lama diluar, krn setahu saya pernh juga ada kejadian spt itu, jadi kita sbg perempuan musti ati2 mbak krn segala sesuatu yg kita sangka tdk mungkin bs mjd mungkin :)

    BalasHapus
  6. apa karena banyak fikiran, kurang tidur dan tidak teraturnya waktu makan dapat menyebabkan terlambatnya datang bulan mbak..??

    BalasHapus
  7. mbak kalo telatnya dah hampir satu bulan, terus disertai dengan mual2, kepla pusing, pengingnya muntah, terus badan lemes terus, itu kenapa ya????

    BalasHapus
  8. mbak mw nnya sy udh mw 3 bulan tidak haid..

    sy masih gadis umur sekitar 20thun..

    kira2 ini kenapa ya?

    BalasHapus
  9. kalo telat 2bln kenapa
    ?padahal udah d'tes berkali2 hasil negatif..

    BalasHapus
  10. telat 2bln,tpi ak tesberkali2 hasil negatif itu kenapa ya mbk?

    BalasHapus
  11. cwe ku jga dahhampir 2 bulan dok...
    gmna nui..???
    pdhal aq msh pelajar

    BalasHapus
  12. klo msalahnya spt ini gmn mbk? gak usah jauh2 prmasalahan dr aq aja...jd qta kdang mlakukan patting&itunya saling bersentuhan(bergesekan langsung)tp sperma kluar jauh dr lubang vagina si cewx..yg aq bingungin itu bisa mnyebabkan kehamilan gak mbk??cz cewexku terakhir dapet tuh pertengahan juli kmaren trus mpe skr blm dapet2..
    apa cairan pelumas pria itu bisa mnyebabkan kehamilan???
    makasih mbk....

    BalasHapus
  13. mbak kalau tidak dateng datang bulan selama 2 bulan giman???

    BalasHapus
  14. normalnya telat haid itu berapa hari ya mba'?soalnya aku sering bgt telat dtg bulan..
    thx,,

    BalasHapus
  15. .gmna cra-y ka supya datg bln-y teratur ,,???
    .dan jga gmna cra-y klw yg sdah tlat bbrapa blan spya di ksih bulnan ,, ??
    .bsa ksih jwbn-y kan kka ,, ??/

    BalasHapus
  16. bgaimana jika trlmbat dtang bulan 2 sampai 4 bulan mbak?

    BalasHapus
  17. mbak,saya udah 3 bulan kagak2 menstruasi,,dari bulan agustus sampai oktober,padahal tanda mau menstruasi ada tuh,sakit perut,sakit pinggang,,tapi saya tunggu 2 hari,kgk keluar2 uga,sampai sekarang mbak,tuh akibat apa ea mbak???makasih ea mbak.

    BalasHapus
  18. tolong di jawab ea mbak,saia tunggu ea mbak :) makasih ea mbak

    BalasHapus
  19. mba cewek saya telat menstruasi 1 bulan,apakah cewek saya hamil??

    BalasHapus
  20. hmph ,,,
    mbak .. saya mau tanya , umur saya kan 18 taun .
    saya sudah telad haid 3 bulan ..
    saya gag tau knpa , saya belum pernah berhubungan badan .
    tapi saya 3 bulan telad , tapi saya kadang2 merasakan sakit perut, pinggang dan lain2 ketika saya haid . dan sakit itu terasa tapi saya tidak haid . jadi gmna itu mbak ???

    BalasHapus
  21. mba sya teLat haid uda 2bln ..
    kira" penyebabnya apa ya mba ...
    cz ahir" nii sya tdk mrsa Lg stres/bnyk pikiran ,,
    kia" knpa ya mba?
    please reff via emaiL ya
    izune_2@yahoo.com

    BalasHapus
  22. ohh jadi itu penyebabnya, thanks mba, saya telat dtg bulan nih padahal blm nikah

    BalasHapus
  23. mba saya mau tanya..
    saya biasa nya halangan tanggal 3 sekrang tanggal 6 blum halangan.. namun saya coba test hasilnya negatif. dan saya pernah menelan sperma,, dan tidak dimasukan ke dalam vagina, karena saya masih v. apakah saya hamil>?

    BalasHapus
  24. thanks,,,karang ane mengerti

    BalasHapus
  25. Sya udah tlat 2bulan mbak n sya blum prnah sma se x mlakukan sek, usia sya 17thn,npa ya mbak?

    BalasHapus
  26. apakah telat menstruasi tapi tidak mengalami stress atau tidak mengalami ciri orang hamil apalagi penyebab telat menstruasi.

    BalasHapus
  27. mw tanya mbak....
    kl cewek yg masih virgin tu ada kemungkinan tuk hamil ga..??
    thx...

    BalasHapus
  28. saya mau tanya..saya udah telat sampai tiga bulan..kenapa yaa

    BalasHapus
  29. jika setelah berbuat sex,tetapi sperma'y tdak msuk,, tapi bsa telat!
    itu gara2 ap?

    BalasHapus
  30. pernah hubungan tapi gak ngeluarin didalam terus pernah sakit lalu makan obat pada saat itu lagi sakit terus telat datang bulan itu gimana?

    BalasHapus
  31. mohon d balas .
    pacar saya blum juga mentruasi.
    kami saat melakuakn hubungan intim melakukan kesalahan ( kebablasan ),
    sampai sekrang blum haid juga, apakah itu hamil?

    BalasHapus
  32. mba saya telat datng bulan udah hampir mau menginjak 2 bulan
    saya mlakukn tetapi hanya tergesek tidak masuk apa bisa jd hmil kalo cairan itu tidak masuk????
    saya udah mlakukan tespek tapi hasilnya negatifgmana tuh mba????

    BalasHapus
  33. mba sy mau nanya,umur z 27 thn,z sering telat haid kadang 4 bln ,atau 3 Bln sekali dan ini uda lama z alami semenjak SMU,dan sekrg ini z ada rs kwatir jgn sapai klu uda nikah g punya keturnan...

    BalasHapus
  34. Mau tanya Kenapa wanita sering ga tentu datang bulannya..??
    apa karena setres pekerjaan,,
    kegiatan Or karna apa..??

    mohon d bls.

    makasih..

    kirim Via email ja..

    BalasHapus
  35. mba,,,saya telat datang bulan..
    saya sering melakukan hub sex..namun saya yakin kalo saya ga mungkin hamil..
    tapi perasaan takut serinh terjadi di dalam diri saya...
    sampai saya berfikiran mau bnuh diri..
    tolong saya mba????

    BalasHapus
  36. klw saya mbak tlatnya, 2 bulan sekali datngnya.jd gemana tu mbak?apakah berpengaruh thdap ksehatan saya???????????

    BalasHapus
  37. aku udah telat 2bulan tapi aku gk ngerasa mual atau apapun itu layaknya org hamil, aku belum coba tespek, tapi memang aq bnyk masalah... solusinya apa supaya aku bisa lancar haid

    BalasHapus
  38. misalkan saya belum haid 4bln lebih dan skrang sudah kuliah. yang mau saya tanyakan apakah saya sakit. bagaimana cara mengetahuinya,selain pegi kdokter.dan apakah saya mandul\?

    BalasHapus
  39. yg punya blog ngabur :D
    kelabakan ga bisa jawab kalo yah :D

    BalasHapus
  40. Saya dhini ,Ibu dr satu anak.. sudah 2 bulan saya belum haid jg, tp setelah 3x testpack hasilnya negatif..Kira2 apa penyebabnya y? apa ada obat untuk memperlancar dtng bulan?

    BalasHapus
  41. saya gladys umur 23th..
    mau tanya, apakah bergadang yang terlalu sering akan menyebabkan telatnya datang bulan(menstruasi)?
    mohon bantuannya..
    terima kasih

    BalasHapus
  42. kalu ciuman bisa menjadi faktor trlambatnya datang bulan g?

    BalasHapus
  43. mba,kalo mensnya telat hampir 2 bulan itu kenapa ya . . ? tolong dijelaskan
    apa bisa penyebabnya karena badan kurus?

    BalasHapus
  44. andre mengatakan30 April 2011 02.42

    saya bngung ne mbax,,
    kox sampe skrg pcar saya blom dtang blan,
    trkhir dy dtang ny 27 kmren smpe skrg blom jga dteng lgi.kta prnah mlkukan ptting tpi itunya gx msuk kdlm lbang vgina nya,n sprma nya jga dkluarkn jauh banget dri cwe q,bsa brpngruh gx mbx y pda khmilan,,?
    tlong djwab y mbax,,?

    BalasHapus
  45. mbak Q da tlat 2 minggu,pdahal Q ga prnh b'hub.an sex?????
    npa bisa gtu mbak????

    BalasHapus
  46. mbak sy sdh 2 bln engga datang bulan tp selalu perut sy skt seperti tanda datang bulan

    BalasHapus
  47. penggoda>>>>>>>

    jika tkt hamil?? jgn sex aja.
    jika g sex tp telat?? itu tandae hormon kurang saudara semuanya!!!
    mkanan,stres,itu pnyebab telat...
    mknya sesama wanita!!!!!!!!!
    qt kudu hati-hati.oce

    BalasHapus
  48. jd klo ml,. tapi dia da telat seminggu,. pa tu di katakan hamil,.

    BalasHapus
  49. sy tlat 3 bulan..
    d'tes peck g hamil..
    knp ya???

    BalasHapus
  50. telat dtg bulan udh 1minggu disertai dg mual dan pusing. apakah it pertanda hamil?

    BalasHapus
  51. pacar saya telat seminggu..
    qta melakukan sex, tapi ga pernah ejakulasi didalam..

    ciri2 telat haid karena kehamilan itu apa aja sih mba..?

    thx

    BalasHapus
  52. kaloo udah telat 6 bulan gimana ???

    BalasHapus
  53. saya usia 20th udah terlambat datang bulan sktar 2mggu? itu apa mbk pyebabnya?
    saya prnah berhubungan sex tp pke pengaman... dan selalu d'cek tdk bocor. itu knpa mbx?

    BalasHapus
  54. pa mainan miss V dgan jari,misalkan jarinya ada sperm, pa bisa menyebabkan kehamilan ga mba??

    BalasHapus
  55. mba saya sudah telat satu bulan kenapa ya...??padahal sya tidak melakukan hubungan sex...??

    BalasHapus
  56. dok cwek saya dah hampir 2 blan belum juga haid ??? lalu apa yg harus di lakukan untuk melancarkan haid itu

    BalasHapus
  57. sy penderita penyakit hyper thyroid baru kali ini sy tlat dtg bulan,sdh 2bln lbh sy blm mens ap itu bs disebabkan dari hyper thyroid sy?
    semacam gejala datang bln sy rasakn tp ternyata tdk mens jg.apa yang hrs sy lakukan agar sy bs mens kembali?

    BalasHapus
  58. mbak saya cumak petting sma pacr sya,dn sperma kluar jauh dri lubang vagina
    apa peluymas sperma bsa menyebabkan hamil

    BalasHapus
  59. terima kasih atas informasinya...
    salam kenal..

    BalasHapus
  60. mbak, temen saya telat 6 bulan, umurnya 15 tahun. itu knp y mbak? apa perlu d bwh ke rumah skit

    BalasHapus
  61. jadi bukan krena hamil ya??
    alnya aq udh telat 2 minggu,,
    tp sebulan lalu gk da behubungn intim dgn suami ku,,

    BalasHapus
  62. jadi klo udh telat 2 minggu lebih bukan brti hamilkan?
    tapi berarti kemungkinan ada penyakit gk
    ?

    BalasHapus
  63. mbak,klo bis ML tapi sperma.nya gak masuk yrus telat M tu knpa . . .? mkasih

    BalasHapus
  64. maaf mba saya sudah telat 1 bulan, umur saya 20thn saya serg melakukan hub intim,, tapi apa ada kmungkinan saya hamil??? tapi nyeri'' seprti gjala mau datang bulan masih serg saya rasakan ... apa saya ada kemungkinan bisa haid lagi ?? punten y teh djawab dtunggu :)

    BalasHapus
  65. assalamu'alaikum... saya baru keluar SMU tahun ini dan belum menikah.. Saya sudah terlambat haid sampe 8 bulan,terakhir haid bulan februari itu jga keluar darah haidnya berlebihan.. nama pnykitnya apa? trus cara mngatasinya bgaimana ?

    Wasalam...

    BalasHapus
  66. kalo telat sampai 2 bln itu bagaimana...padahal sperma suami saya tidak pernah msuk,,karena kami menunda kehamilan...

    BalasHapus
  67. mbak .saya ga parnah telat ..
    tapi sekarang udah sebulan ga mens..
    memang sering ngelakuin tapi ngeluarin spermanya di luar,,

    apakan saya telat datang bulan apa hamill..?

    BalasHapus
  68. klo umpama datangnya awal bulan..terus bulan berikutnya datangnya akhir bulan...itu kenapa yah????

    BalasHapus
  69. apakah bisa hamil klo berhubungan sex tpi spermanya gak keluar di dalem,.,????????

    BalasHapus
  70. mbak . saya bulan ini belum datang bulan . saya jadi stress takut hamil . ini pertama kali pdhal saya tidak melakukan apa" . itu kenapa ya mbak ??

    BalasHapus
  71. mba...gimana kalo telat nya udah 2 bulan lebih??
    tapi memang tidak melakukan hubungan sex sebelumnya..

    BalasHapus
  72. Saya udah telat hampir 1 minggu mmbak,tp mnggu kmren saya brhubungan intim sama pcar saya,apakah ini prtanda hamil? Soalnya nafsu makan saya meningkat

    BalasHapus
  73. mba..mohon minta solusinya,, saya udah 2 bulan gak mens..saya memank mlakukan hubungan tp 1 bln stlh itu saya haid slama 3hari,,namun bulan slanjutnya saya tidak mens.ckg udah mnginjak bulan ke tiga saya tdak mens.
    saya takut pergi ke dokter, tapi saat saya pke alat tes khamilan hasilnya negative.
    sebaiknya apa yang harus saya lakukan mba?

    BalasHapus
  74. mbak.. saya tuh prnah nglkuin mastrubasi, dan pernah smpe kluar darah...
    lha itu klo telat datang bulan bisa hamil apa gk ya???
    soalna saya tkut mbak...
    tlg ksih jawaban ya mbak...

    BalasHapus
  75. saya uda telat 1bulan. mama saya uda dapat sampe2x tapi saya kq enggak dapet" juga ya ? knpa ya mbak kira" ? mohon bantuannya

    BalasHapus
  76. saya telat 1 bulan nih ,, kira2 knapa yah ? kmaren2 uda mnum buat plancar haid tp ttp ja gk haid .. qra2 knpa yahh ????????

    BalasHapus
  77. maf nih mau tanya
    kalo say udah 57 hari blom juga mens
    kenapa yah??
    emang sh aku sering kecapean, arnakan krjaanku sring lembur
    yg bkin cape bngt kalo shift malm

    BalasHapus
  78. dok saya kan ikut KB suntik 1bln x,biasa saya mens tapi ko sekarang udh 2bln ini ga mens ya,,tapi saya coba pakai tespeck hasil nya negatif,,kenapa ya dok apa ada masalah dg rahim saya??

    BalasHapus
  79. mbak, mw numpang tanya.. saya ada mengkonsumsi obat diet merk acai berry, apa kah ada pengaruh dengan pola mens saya? soalny ud d cek 2 x dan hasilny tetap negativ tidak hamil... sedangkan saya udah telat 1 bulan... thx ya mbak...

    BalasHapus
  80. mbak klw cuma peliukkan am cwo tpi punya cwo and cwe nempel tapi msih ad pembatas seperti kain baju,, apa jg bisa dikatakan hamil..?
    tlong secepatnya di bals yaa mbak..

    BalasHapus
  81. mbak kalu pelukan punya cwo nempel di punya cwo tapi masih ad pembatas yaitu kain baju,, dan tidak mengeluarkan apa2 dari si cwo,, tapi si cwe telat datang bulan 1 bulan tapi tidak ada tanda ri cwe sprti mual dan sebagainya,,
    apa SI cwe dikatakan hamil?

    BalasHapus
  82. Mb , pd tgl 1 okt 11 tdk sngja spermany kluar d sktr vagina sya tp tdk smpai d msukkan . Dan skg shrsny sktr tgl 11-13 jan 12 sya sudh haid . Tp knp smpai tgl 13 jan 12 sya blm haid ? Pdhl d blm nov n des 11 haid sya lncr . Apkh mngkn sya hmil ? Mhon dbls y ? Makasi ... (cewekxbrengsek@yahoo.com)

    BalasHapus
  83. bingung jga ya hadapi msalah sperti ni?!

    BalasHapus
  84. mba bisa konsultasi lwt sms enga ? mau crita2 ni saya . tq

    BalasHapus
  85. mbak saya maw tnyA cewk saya ud tlat 2 mggu apkh itu hamil pdahal hasil tespek stu garis ping/negativ
    memang kmi melakukan hubngan 1 bulan 1 ato 2x
    nmun yg kali ini aneh pdahal hasil negative tpi ttep aj gg dpet jg
    lw gtu knpa mbak tlog y d lezz

    BalasHapus
  86. mba',,,,
    datang bulan saya gk tentu,,,
    trkadang 2 bln sklali,, taw 3 bln skali,,
    malah pernah mpek 6 bln gk dtg bulan,,,
    gmn tu mba'????

    BalasHapus
  87. Gak nglakuin apa"... paling ya gtu" aja, knpa tiba" berfikir hamil. Krena dilihat dari menz telat. gmna coba??? jadi takut

    BalasHapus
  88. resep untuk memperlancar haid agar tidak telat, apa ?
    jelaskan iiaa..
    makasiii...

    BalasHapus
  89. garelo dasar'''

    BalasHapus
  90. Siang,,

    Saya Mita usia sya 16 thun.. saya mau tnya,, kenpa bulan ini saya lambat menstruasinya.. sedangkan sya tdk pernah melakukan hbngan intim..sudah 1 minggu ini saya mengalami tanda2 menstruasi. sepertin:pinggul nyeri,perut bagian bawah sakit, punggung dan tubuh serasa sakit.Tp,saya tdk mengalami keputihan yang begitu bnyak. Maaf cuma sedikit lembab.. Tapi kenpa smpai saat ini saya belum juga mengalami haid sedang kan tanda2nya sudah jelas.. Mohon di jawab..

    BalasHapus
  91. mba klo misalnya saya telat 1 bulan , itu knp ya?....

    BalasHapus
  92. mb aq mau tnaya ni,aq sering bgt mengalami kemunduran pada tgl haid,2 bln yg lalu aq haid tgl 18,bln kmarin aq haid tgl 22 lalu knp bisa bln ni aq smpe skrg aq lum haid2 yha mb...
    ju2r aq khawatir bgt ni,pdhalkan aq tidak hbis melakukan hubngan intim?
    tlong ksh solusi donk mb...

    BalasHapus
  93. Saya udah telat lima bulan, kalo yang seperti ini bagaimana? Saya tidak pernah melakukan hub sex pranikah, dites USG pun tidak kenapa kenapa.

    BalasHapus
  94. teman saya mengalami datang bulan selama 2 minggu dia dn pacarnya takut kalu hami. dia prnah mlakukan onani dgn cwo'y tp sperma tdk kluar d vagina mlainkan d luar dn lngsung d lap dgn tisue.. MOHON JAWABAN SECEPATNYA PENTING

    BalasHapus
  95. saya sudah telat hamir 3 bulan lebih memng sih sy merasa mual2 tp klo abis makan aja krn kekenyangan. klo hamil masa 3 bulan perut sy nggk gede2?knp ya kira2?

    BalasHapus
  96. saya seringtelat dtg bulan 1-2 minggu tpi skrg telat'a sudah 3 minggu, apakah itu bertanda klo saya hamil ? padahal saya sudah tes hasilnya negatif,

    BalasHapus
  97. saya sering telat haid sekitar 1-2 minggu tpi skrg sdh hmpi 1 bulan , apa saya bisa di blg hamil, tpi setelah saya tes hasilnya negativ.

    BalasHapus
  98. Mb sya trakhr dtg blan tgl 28 juli. Dan smpai skrg blum dtg blan jujga. Dan perasaan sya gk merasa trlalu bnyk fkiran bhkan kecapean. Hubngn intim jujur pernah sya lakukn tpi sblum dtg bln trakhr. Sya bngung mb. Kra" sya knp ya?

    BalasHapus
  99. saya telat 1 bulan,hamil ga yaaa,... saya HUB SEX paling spermanya saya telan atau lewat bokong saya,.. apakah saya hamil mbak??? ad solusinya gak?

    BalasHapus
  100. ass. ba umur saya 17 th , sya terlambat dtang bulan kurang dari 1 bulan itu akibat apa?

    BalasHapus
  101. mbak mau nanya nii .. kan biasa aku itu dtang blannya normal aja .. gak tau knpa ini kok dah lama kagak dtang bulan .. aku khawatir bgt .. udah ada 2 mingguan tu .. pdhal gg prnah juga ada hub2 gituan .. ini knpa ya ?
    kasih solusinya

    BalasHapus
  102. kalau telat datang bulan .
    samperin aja bulanya ,., :D

    BalasHapus